Masyarakat juga dihimbau untuk mematuhi sistem rujukan berjenjang. Hal ini dikarenakan masih banyak yang memilih berobat langsung ke rumah sakit padahal masih bisa ditangani oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

“Kalau hanya sakit flu cukup di Puskesmas, tidak perlu ke UGD RSUD Dr Soetomo. Jangan gara-gara sudah percaya pada pelayanan rumah sakit malah mengabaikan sistem rujukan,” imbuh Pakde Karwo

Menurut Pakde Karwo, RSUD Dr. Soetomo merupakan rumah sakit berkonsep pendidikan paling baik. Hal ini ditunjang dari hubungan baik antar pihak pendidikan dan pihak rumah sakit sehingga mampu mengembangkan banyak riset.

“Riset-riset di rumah sakit ini akan semakin melengkapi Jatim sebagai rujukan pelayanan publik berskala nasional,” ungkapnya.

Pakde Karwo berpesan, kerja keras dan keterlibatan pihak rumah sakit dan Pemprov Jatim sangat diperlukan untuk mewujudkan RSUD Dr. Soetomo yang lebih maju. Karenanya perencanaan mobilitasabilityperformance serta konsistensi pada time line harus dilakukan.

“Bertepatan dengan HUT RSUD Dr. Soetomo ke 79 ini saya harapkan bisa menjadi tonggak penyemangat untuk terus membangun, melayani dengan hati, dan membesarkan rumah sakit yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Sementara itu dr. Harsono selaku Direktur RSUD Dr. Soetomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan sejak Oktober lalu. Kegiatannya antara lain Gebyar Mutu, Donor Darah, Customer Gathering, Kampanye Soetomo Senyum Soetomo Ramah, Soetomo Hospital  & Research Expo, serta jalan sehat.

Senada dengan pernyataan Pakde Karwo sebelumnya, dr. Harsono juga menambahkan bahwa sistem rujukan berjenjang sangat efektif untuk mengurangi penumpukan pasien di rumah sakit.

“Dalam sehari pasien di RSUD Dr. Soetomo mencapai 2.500 orang. Bisa dibayangkan bagaimana melayani pasien sebanyak itu, padahal kemampuan kami masih terbatas karena dalam proses renovasi,” tandasnya.

Dalam acara tersebut Pakde Karwo juga melakukan peresmian gedung Kidney Center, Instalasi Rawat Jalan (IRJ), Gedung Paliatif & Pusat Nyeri, serta Pusat Pelayanan Jantung Terpadu (PPJT). Untuk semakin memeriahkan acara HUT RSUD dr. Soetomo ke 79 Pakde Karwo & Bude Karwo ikut menambahkan doorprize berupa sepeda motor kepada peserta jalan sehat.