Kesehatan reproduksi khususnya pada pria merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga keharmonisan dalam menjalin hubungan antara pasangan dalam suatu keluarga. Untuk itu dibutuhkan pemberian pemahaman kepada masyarakat terkait dengan hal tersebut.

Poli Andrologi yang merupakan salah satu bagian dari Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Soetomo termotivasi untuk memberikan suatu edukasi dan pengetahuan mengenai masalah ini. Bertempat di Ruang Loka Widya Husada RSUD Dr. Soetomo pada hari Sabtu 25 Agustus 2018, Poli Andrologi mengadakan seminar/patient gathering yang bertajuk Kesehatan Reproduksi Pria.

Seminar yang tidak dipungut biaya ini mengangkat 3 topik terkait dengan Seksologi, Sistem Imun, dan Genetika dan diikuti oleh masyarakat baik dari kalangan umum, mahasiswa, maupun tenaga medis.

“Kami harap dengan adanya acara ini nantinya mampu memberikan pemahaman serta dapat mengedukasi masyarakat mengenai apa dan pentingnya kesehatan reproduksi pria” ujar Ketua SMF Andrologi RSUD Dr. Soetomo, dr. Tjahjo Djojo Tanojo, MS, Sp.And dalam sambutannya.

Untuk materi seminar pertama terkait dengan topik Seksologi disampaikan oleh dr. Supardi Sp. And. Dengan mengangkat judul Infertilitas dan Disfungsi Seksual, materi yang disampaikan beliau menjelaskan bagaimana infertilitas memiliki pengaruh dalam mengakibatkan disfungsi seksual.

Kemudian berlanjut pemateri ke dua, dr. Judie Hartono, MS., Sp.And yang membawakan materi terkait penyakit & infeksi yang mempengaruhi sistem reproduksi pria. Dalam materinya, dr. Judie memaparkan bahwa kebanyakan infeksi pada organ reproduksi pria disebabkan dari bakteri-bakteri yang berasal dari organ pencernaan yaitu usus.

Selanjutnya, dr. Agustinus, Sp.And sebagai pemateri ke tiga menyampaikan paparannya yang membahas bagaimana faktor genetika memiliki peran terhadap infertilitas pada pria. Beliau juga menjelaskan bahwa gangguan yang disebabkan faktor genetik ini belum dapat disembuhkan, namun masih dapat dilakukan terapi untuk menekan pengaruhnya.

Demi memeriahkan acara tersebut, panitia seminar turut membagikan doorprize kepada sejumlah peserta yang beruntung serta membagikan bingkisan kepada peserta yang kebetulan berulang tahun di hari tersebut.