Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang memenuhi standar, RSUD Dr. Soetomo tidak henti-hentinya berupaya meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan terakreditasinya RSUD Dr. Soetomo secara internasional oleh JCI (Joint Commision International).

Bertempat di Gedung Negara Grahadi, hari Selasa 30 November 2018 dilaksanakan Penyerahan Penghargaan “RSUD Dr. Soetomo Has Been Accredited as an Academic  Medical Center Hospital by Joint Commision International” yang mana pada acara tersebut, Kementerian Kesehatan RI akan menyerahkan sertifikat akreditasi JCI kepada Gubernur Jawa Timur.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo SH, M.Hum, Direktur RSUD Dr. Soetomo dr. H. Harsono, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. H. Muhammad Subuh, MPPM, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Heru Tjahjono, MM, dan para pejabat OPD dari seluruh Provinsi Jawa Timur.

Penyerahan sertifikat diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. H. Muhammad Subuh, MPPM kepada Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo SH, M.Hum.

“RSUD Dr. Soetomo telah menjadi rumah sakit ke 94 di seluruh dunia serta rumah sakit umum daerah pertama yang terakreditasi secara internasional oleh JCI di Indonesia. Saya juga sangat berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yg telah memberi dukungan hingga kami dapat terakreditasi secara internasional dalam kurun waktu 3 tahun ini” ungkap dr. Harsono dalam penyampaian laporannya.

Lebih lanjut lagi, beliau juga menambahkan bahwa mulai saat ini pelayanan, pendidikan, dan riset  di RSUD Dr. Soetomo telah berstandar internasional.