Gunungan oleh Gubernur Jawa Timur kepada Ki Dalang Anom Suroto

Sabtu Malam (22 Desember 2018) pukul 19:00 WIB di Parkir Zona G RSUD Dr. Soetomo telah berlangsung Pergelaran Wayang Kulit dengan dalang kondang Ki Anom Suroto serta pelawak Kirun dan Gareng.  Pergelaran Wayang tersebut merupakan pemberian hadiah dari Dr. H Soekarwo Gubernur Jatim melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Pergelaran Wayang Kulit kali ini untuk memperingati HUT RSUD Dr. Soetomo yang ke 80 & Tasyakuran Akreditasi Internasional (JCI).

“Di usia yang sudah mencapai angka 80, diharapkan RSUD Dr. Soetomo tetap bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada semua masyarakat yang membutuhkan,” ujar Dr. dr. Joni Wahyuhadi, Sp.BS (K) selaku Direktur RSUD Dr. Soetomo yang baru.

Beliau juga menyampaikan bahwa setelah lulus Akreditasi Joint Commission International (JCI) RSUD Dr. Soetomo resmi berubah nama menjadi Soetomo General Academic Hospital. Dengan perubahan nama tersebut diharapkan pula diikuti dengan perubahan SDM yang mampu bekerja dengan budaya aman dan budaya mengutamakan keselamatan pasien, dimana hal tersebut merupakan salah satu contoh standart Akreditasi JCI.

Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Jawa Timur

Dalam rangkaian acara tersebut, Gubernur Jatim memberikan Piagam dan Piala Penghargaan kepada Pembina dan Pembimbing Akreditasi JCI yang telah sukses mengantarkan RSUD Dr. Soetomo menjadi Rumah Sakit yang berstandar Internasional.  

Tidak hanya itu, Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim juga meresmikan beberapa fasilitas layanan RSUD Dr. Soetomo yakni Soetomo Transplant Organ Center, Oncology Center, Pelayanan Medical Check Up, Instalasi Stem Cells dan Bank Jaringan serta Parkir Zona G. Peresmian ini ditandai dengan ditandatanganinya prasasti oleh Pakde Karwo dengan disaksikan semua tamu undangan. 

Selain acara-acara tersebut, dr. Harsono setelah memberikan sambutan juga me launching buku karangannya dengan judul Academic Medical Center. Buku ini ditujukan kepada semua masyarakat luas dengan harapan bisa memberikan manfaat dan wawasan.