Pelatihan Pengendalian Resistensi Antimikroba

Written by admin on . Posted in Rubrik

PPRA 1Pada hari Senin, tanggal 10 April 2017 di ruang hall Gedung Pusat Diagnostik Terpadu (GPDT). Pada kesempatan kali ini direktur dr. H, Harsono,juga memberikan sambutan padaa cara seminar dengan judul “ Antimicrobial Stewardship Program, Program Pengendalian Resitensi Antimikroba.” Kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh Komite Panitia Pengendali Resistensi Antimicrobial (PPRA) ini, diikuti oleh pegawai Rumah sakit dan dokter dengan jumlah sekitar 50 orang.

Pada sambutannya kali ini, direktur menyampaikan bahwa RSUD Dr. Soetomo telah menjadi tolak ukur dari rumah sakit umum lainnya. Namun setelah melihat data, beliau merasa cemas akan pemakaian antibiotik. Dari data tersebut masih banyak pasien yang resisten terhadap beberapa antibiotik.

Resistensi antibiotik adalah keadaan dimana kuman tidak dapat lagi dibunuh atau telah kebal dengan penggunaan antibiotik tersebut. Pada saat antibiotik dimasukan ke dalam tubuh pasien, kuman akan mati dalam beberapa saat. Namun sejenak kemudian ada beberapa bakteri yang bisa bertahan dan membelah diri dengan cepat membentuk jutaan koloni baru yang mampu melawan antibiotik. PPRA 2

Dengan adanya masalah tersebut, maka kegiatan seminar ini dirasakan bermanfaat bagi pihak rumah sakit.Seminar kali ini bertujuan untuk menciptakan kesepahaman di dalam melaksanakan pengendalian antibiotik dan juga pencegahan pengendalian infeksi sesuai dengan kebijakan dan Standar Prosedur Operasional  (SPO) yang berlaku di rumah sakit Dr. Soetomo Surabaya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar peserta dapat menjaditim auditor / reviewer antibiotik dengan metode yang terstandar di masing-masing Staf Medik Fungsional  (SMF).

Bonus William Hill
Bonus Ladbrokes

Powered by Era Unisoft Baskara | Business Development through IT Development

Premium Templates