Parade Kenalkan Patologi Anatomi

Written by admin on . Posted in Rubrik

hari patologi sedunia 2017Pada hari Minggu tanggal 19 November 2017, Instalasi Patologi Anatomi RSUD Dr. Soetomo menyelenggarakan acara “Peringatan Hari Patologi Internasional” yang diadakan dengan kegiatan parade dari Jl. Kapuas menuju Taman Bungkul.

“Acara ini kami adakan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya Patologi Anatomi yang selama ini kurang diketahui oleh masyarakat luas,” ujar koordinator acara tersebut dr. Sjahjenny Mustokoweni, SpPA(K), MIAC.

Patologi anatomi adalah sebuah bidang ilmu kedokteran yang mendiagnosis penyakit berdasarkan pemeriksaan, mikroskopik, molekuler atas organ, jaringan, dan sel. Bidang ilmu kedokteran ini tergolong kurang populer jika dibandingkan dengan ilmu kedokteran lainnya. Bahkan jumlah dokter spesialisnya pun juga tidak banyak.

Namun pemeriksaan yang dilakukan oleh mereka sangat penting dalam menentukan tindakan medis selanjutnya. Misal, pada pasien tumor yang menjalani biopsi maka dokter patologi anatomi lah yang akan memeriksa sampel biopsinya untuk didiagnosis apakah ada keganasan atau tidak pada tumor tersebut.

Tak hanya oleh masyarakat awam, ternyata Patologi Anatomi juga masih kurang diperhatikan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Seperti yang terjadi dalam era BPJS sekarang ini.

Dalam pelaksanaan BPJS Kesehatan penetapan tarif dibuat berdasarkan sistem paket INA-CBGs (Indonesia Case Base Groups). Pemeriksaan patologi anatomi masuk dalam sistem paket tersebut namun nominalnya tidak bisa menutup keseluruhan biaya pemeriksaan di dalamnya.

“Kadang pasien jadi tidak bisa dapat pemeriksaan karena tidak masuk paketnya, ada juga yang bisa diperiksa tapi tidak bisa klaim gara-gara paketnya habis, kita dan pasien kan jadi sama-sama kurang diuntungkan di sini,” tambah dokter yang juga Ketua IAPI (Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Indonesia) Pusat tersebut.

Selain dalam bentuk pengenalan langsung kepada masyarakat, penguatan status Patologi Anatomi dalam pelayanan kesehatan juga telah ditempuh dengan melakukan audiensi baik dengan pihak BPJS maupun Kemenkes.

“Bulan Oktober kemarin setelah audiensi dengan Menteri Kesehatan, ke depannya akan diterbitkan Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) yang mengatur pelayanan terkait dengan Patologi Anatomi, sehingga nantinya di Indonesia akan ada kesamaan prosedur pelayanan Patologi Anatomi di tiap rumah sakit,” ungkap Sjahjenny.

Bonus William Hill
Bonus Ladbrokes

Powered by Era Unisoft Baskara | Business Development through IT Development

Premium Templates