Etika Batuk Cegah Penularan TB

Ditulis oleh admin on . Posted in Artikel Kesehatan

Upaya pemerintah dalam mencegah penularan penyakit tuberculosis (TBC/ TB) terus berjalan. Salah satunya dengan menghimbau rumah sakit di seluruh Indonesia untuk mengadakan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Tuberkulosis (PPI TB).

Senin (8 November 2010) perwakilan Kemenkes RI,  mengunjungi RSUD Dr. Soetomo. Kedatangan tersebut untuk membahas PPI TB di RSUD Dr. Soetomo. RSUD Dr. Soetomo adalah satu dari tujuh rumah sakit di Indonesia yang menjadi pilot project penerapan PPI TB.

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) merupakan bagian yang wajib ada di setiap rumah sakit. RSUD Dr. Soetomo juga telah memiliki tim yang menangani hal ini. Mereka adalah Tim Pengendalian Infeksi (Dalin). 

Selama ini tim Dalin mengatur seluruh mekanisme pencegahan dan pengendalian infeksi di RSUD Dr. Soetomo, termasuk untuk penyakit TB. Karena tidak mengkhususkan diri untuk menangani PPI TB-HIV, maka Kemenkes RI merasa masih ada kekurangan dalam penanganan PPI TB-HIV di RSUD Dr. Soetomo.

Kedatangan Kemenkes RI kali ini untuk meninjau dan mengevaluasi pelayanan dan penanganan pasien TB di RSUD Dr. Soetomo. Seperti Poli Paru, IRNA Paru, Integrated Tuberculosis Center (ITC), dan Unit Perawatan Intensif Penyakit Infeksi (UPIPI).

UPIPI diikutsertakan karena disini terdapat pasien HIV/AIDS yang menderita TB (TB-HIV). Selain itu arah dari penerapan PPI TB di rumah sakit nantinya adalah PPI TB-HIV. Hal ini untuk menekan jumlah pasien TB-HIV.

Penyakit TB memang sering ditemukan pada pasien HIV/AIDS, Sebab daya tahan tubuh mereka rendah sehingga mudah tertular penyakit TB.

Menurut Dalima Astra Winata, dr.,Sp.PK (K), M.Epid , Perwakilan Kemenkes RI,  salah satu hal sederhana yang dapat dilakukan oleh RSUD Dr. Soetomo dalam menangani penularan penyakit TB adalah dengan memberikan penyuluhan mengenai etika batuk kepada pengunjung rumah sakit.

“Kita bisa berikan informasi dan edukasi etika batuk kepada pengunjung,” ujar dr. Dalima.

Etika batuk yang dapat diterapkan oleh masyarakat adalah dengan menutup mulut dengan lengan bukan dengan tangan ketika batuk. Karena ketika bersalaman, kuman TB dapat berpindah. Cara paling ampuh lainnya, gunakan masker ketika menderita batuk. Sehingga kuman tidak menyebar dan menulari orang lain.

Meski tidak semua pengunjung rumah sakit menderita batuk tetapi penyuluhan mengenai etika batuk dirasa penting dan dapat membantu mengurangi penularan penyakit TB. (kyn) 

Bonus William Hill
Bonus Ladbrokes

Powered by Era Unisoft Baskara | Business Development through IT Development

Premium Templates