Tidur & ASI bagi Tumbuh Kembang Anak

Written by admin on . Posted in Artikel Kesehatan

Tahukah anda bahwa bayi yang baru lahir membutuhkan tidur antara 16-20 jam? Inilah yang diterangkan oleh Irwanto, dr., Sp.A dalam seminar “Memahami lebih dalam tentang Menyusui serta Pertumbuhan & Perkembangan Anak” pada Selasa (23 November 2010).

Acara yang merupakan kerjasama antara IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan PT. Procter & Gambler (P&G) ini diadakan di Ruang Sidang I Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr. Soetomo.

Meski telah banyak belajar dan sering menangani pasien secara langsung ternyata seminar ini juga diminati oleh para perawat dan dokter. Melalui seminar ini mereka dapat menambah pengetahuan dan me-refresh kembali memori mereka seputar tumbuh kembang anak. 

Dalam kesempatan tersebut dr. Irwanto menjelaskan mengenai pentingnya tidur yang berkualitas bagi tumbuh kembang anak.

“Tidur yang tidak berkualitas akan berdampak pada pertumbuhan fisik dan otak bayi,” ujarnya. 

“Saat bayi mulai tertidur lebih dalam terjadi pembentukan hormone-hormon,” imbuh spesialis anak ini.

Salah satu hormon yang terbentuk saat tidur adalah hormon pertumbuhan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Selain hormon, otak juga mengalami pertumbuhan saat tidur yang berpengaruh pada emosi anak. 

Menurutnya ciri bayi yang menjalani tidur berkualitas antara lain jatuh tertidur dengan mudah di malam hari dan terbangun dengan mudah.

Selain itu anak-anak tidak memerlukan tidur siang melebihi kebutuhan. Kebutuhan tidur siang anak semakin berkurang seiring bertambahnya usia mereka. 

“Anak usia 4 tahun ke atas sudah tidak membutuhkan tidur siang lagi,” terang dr. Irwanto.

Selain tidur, ASI (Air Susu Ibu) juga penting bagi tumbuh kembang anak, terutama saat usia 0-6 bulan. Diana Emilia, dr., Sp.A menjelaskannya dalam seminar memahami pentingnya ASI. 

Menurutnya tidak ada alasan bagi ibu untuk tidak menyusui bayinya hingga usia 6 bulan, bahkan bagi ibu yang bekerja. Mereka tetap dapat menyusui dengan memompa ASI dan menyimpannya dengan benar sehingga layak dikonsumsi oleh bayi.

Baik tidur dan ASI sama pentingnya bagi tumbuh kembang anak. Orang tua harus memahami pentingnya kedua unsur ini agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik seperti yang mereka inginkan. (kyn)

Bonus William Hill
Bonus Ladbrokes

Powered by Era Unisoft Baskara | Business Development through IT Development

Premium Templates