Transplantasi Kornea sembuhkan Keratokonus

Written by admin on . Posted in Artikel Kesehatan

Sudah 25 tahun Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) – RSUD Dr. Soetomo bekerjasama dengan Dutch Foundation. Bersama dengan organisasi kerajaan Belanda ini, mereka menyelenggarakan simposium dan kursus kedokteran dengan tema yang berbeda-beda.

Senin, 31 Oktober 2011, Mereka mengadakan simposium yang ke 46. Simposium yang diadakan di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga kali ini mengambil tema “Postgraduate Course on Ophtalmology”.

Selama tiga hari para ahli kedokteran mata FK Unair – RSUD Dr. Soetomo menyampaikan materi seputar ilmu kedokteran mata. Corneal cross-linking in keratokonus (Penggantian atau transplantasi kornea dalam pengobatan keratokonus) adalah salah satu materi baru yang disampaikan dalam simposium tersebut. 

 

Keratokonus adalah kelainan pada kornea mata, bagian ujung lensa mata berupa lapisan bening seperti kristal. Pada keratokonus terjadi penipisan jaringan kornea. Akibatnya, kornea menonjol keluar dari struktur halus, yang jelas, seperti kubah, hingga berbentuk kerucut dan tidak teratur.

Kornea yang merupakan bagian terluar dari bola mata ini berfungsi sebagai penerima cahaya dari sumber cahaya. Terjadinya keratokonus mengakibatkan gangguan penglihatan berupa penglihatan kabur dan menjadi lebih sensitif atau peka terhadap cahaya. Bahkan dapat menjadikan kebutaan jika kornea sangat menonjol.

Menurut Prof. Sjamsu Budiono, dr.,Sp.M, penggunaan lensa kontak dapat diterapkan pada pasien keratokonus yang mengalami sedikit penonjolan kornea. Namun, bila penonjolan yang terjadi besar atau kornea sangat menonjol maka pasien harus menjalani operasi transplantasi kornea. 

“Softlense bisa digunakan pada kasus (keratokonus) ringan, kalau banyak di transplantasi (kornea),” ujarnya. 

Simposium yang diikuti baik oleh mahasiswa program pendidikan dokter spesialis (PPDS) maupun dokter spesialis ini selalu menghadirkan berbagai dokter ahli dari Belanda. Dan kali ini menampilkan Maarten P. Mouritz,MD,Ph.D; Johannes R.M. Cruysberg,MD,Ph.D,FEBOphth; Peter J. Ringens,MD,PhD.FEBO; dan Saskia Imhof,MD,Ph.D,FEBOphth sebagai pembicara asing. (kyn) 

Bonus William Hill
Bonus Ladbrokes

Powered by Era Unisoft Baskara | Business Development through IT Development

Premium Templates