PELATIHAN CLINICAL INSTRUKTUR / EDUCATOR

 

Clinical instructor / educator dengan pendekatan model preseptor-mentorship adalah: Proses membimbing dan mendukung semua perawat untuk mengembangkan percaya dirinya sebagai professional yang otonomi dan terus bekerja seumur hidup. Dalam rangka mempertahankan dan mengembangkan kompetensi perawat serta pertumbuhan professional sehingga dapat melakukan pelayanan asuhan keperawatan sesuai standar maka diperlukan adanya Preseptor-Mentorship yang tepat dan benar. Sehubungan dengan hal tersebut di atas perlunya kiranya dilaksanakan pelatihan CI / CE bagi perawat dirumah sakit.


A. Tujuan

a. Tujuan Umum

Peserta pelatihan mampu melaksanakan proses bimbingan klinik bagi peserta didik keperawatan di RSUD Dr. Soetomo dengan pendekatan metode preseptor-mentorship dalam system pelayanan keperawatan di rumah sakit.

b. Tujuan Khusus

- Peserta pelatihan mampu menerapkan konsep sosialisasi professional dalam pembelajaran klinik peserta didik keperawatan di rumah sakit.

- Peserta pelatihan mampu menerapkan konsep preseptor-mentorship dalam pembelajaran klinik peserta didik keperawatan di rumah sakit.

- Peserta pelatihan mampu merancang program preseptor-mentorship dalam pembelajaran klinik peserta didik keperawatan di rumah sakit.

- Peserta pelatihan mampu melaksanakan berbagai pendekatan / metode Preseptor-Mentorship dalam pembelajaran klinik peserta didik keperawatan di rumah sakit.

- Peserta pelatihan mampu melakukan evaluasi kinerja perawat dalam pembelajaran klinik peserta didik keperawatan di rumah sakit.

- Peserta pelatihan mampu melakukan evaluasi program preseptor-mentorship dalam pembelajaran klinik peserta didik keperawatan di rumah sakit.


B. Metode

Pelatihan ini mempergunakan pendekatan “Pelatihan Berbasis Kompetensi” dan “Prinsip Belajar Orang Dewasa“ yaitu :

1. Ceramah tanya jawab : 60%

2. Diskusi : 30 %

3. Praktik : 10 %

4. Akhir pelatihan dilakukan assesmen kompetensi.


C. Narasumber 

1. Komite Keperawatan 

2. Khoirul Aman, S.Kep., (Instalasi Bedah Pusat)

3. Zulkifli Kurniawan, S.Kep.,Ns., (Pandan II)

4. Misutarno, S.Kep., (Ruang Cendana)

5. M. Masruri, S.Kep.,Ns., (Irna Medik)

6. Suparmiasih, S.Kep., (Irna Anak)

7. Sri Yuniarti, (Bedah Herbra)

8. Ertawati, S.Kep., (Irna Anak)


D. Peserta Pelatihan 

Perawat


E. Lama Pelatihan 

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari


F. Materi

- Pengantar pelatihan CI

- Peran dan fungsi bimbingan klinik

- Rumah sakit, komunitas sebagai lahan praktik perawatan professional

- Menciptakan pembelajaran yang kondusif

- Metode pembelajaran praktik klinik keperawatan

- Evaluasi pembelajaran klinik

- Aspek legal dalam bimbingan klinik

- Manajemen bimbingan klinik

- Merancang dan pelaksanaan program Preseptor-Mentorship perawat dirumah sakit.

- Konsep dasar Preseptor-Mentorship.

- Pendekatan metode Preseptor-Mentorship dalam bimbingan klinik bagi peserta didik keperawatan di rumah sakit.

- Praktik.

 

G.Biaya 

Biaya pelatihan per peserta KLIK DISINI