Instalasi Gawat Darurat

Instalasi Gawat Darurat adalah organisasi instalasi di bawah Direktur Pelayanan Medik yang mengadakan pelayanan pasien gawat darurat selama 24 jam untuk masyarakat Surabaya, Jawa Timur hingga seluruh rakyat Indonesia bagian Timur. Instalasi ini merupakan salah satu unggulan RSUD Dr. Soetomo.

Instalasi Gawat Darurat menyediakan layanan seluruh kegawatan yang dapat terjadi pada masyarakat umum, baik kegawatan akibat kecelakaan lalu lintas, kecelakaan akibat kerja, kegawatan kandungan serta kegawatan medis lainnya. Instalasi Gawat Darurat juga menyediakan layanan ambulans serta ikut aktif sebagai bagian dari sistim penanggulangan bencana pada Dinas Kesehatan Kota dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Disamping mengadakan pelayanan pada pasien, IGD juga sebagai tempat pendidikan bagi dokter calon spesialis, calon dokter, pendidikan keperawatan dan kebidanan  serta pendidikan dan pendidikan apoteker.

Instalasi Gawat Darurat (IGD) mempunyai ruangan untuk perawatan intensive (ICU), perawatan tinggi (High Care Unit), ruang perawatan khusus bayi baru lahir (NICU) serta ruangan isolasi untuk perawatan pasien menular. Terdapat enam kamar operasi yang beroperasi 24 jam  dengan fasilitas pembedahan dari operasi sederhana hingga operasi canggih.

Untuk penunjang diagnostik, IGD mempunyai sarana pemeriksaan radiologi, yaitu terdiri dari : foto x-ray dan Flouroscopy, CT Scan, USG  dan Echocardiografi.  Terdapat juga sarana laboratorium.

Dalam menjalankan perannya IGD didukung oleh para dokter spesialis dan sub spesialis, dokter residen dalam pendidikan calon spesialis, dokter umum yang telah berpengalaman, terutama untuk proses memilah dan memilih  pasien pada proses triage di garis depan pelayanan pasien gawat darurat. Ditunjang oleh para perawat yang sudah berpengalaman serta bersertifikat BLS (Basic Life Support) dan PPGD (Pelatihan Penanganan Gawat Darurat). Jumlah tenaga yang ada di IGD RSUD Dr. Soetomo Tahun 2019 sebanyak 412 orang dengan pembagian jenis tenaga seperti pada Data Jumlah Tenaga IGD RSUD Dr. Soetomo Tahun 2019 dengan struktur organisasi seperti terlampir.

Instalasi Gawat Darurat menempati gedung dengan 5 lantai yang merupakan gedung hibah dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Lantai satu tempat penerimaan pasien, melakukan pemeriksaan serta diagnostik. Ruang perawatan intensive bayi baru lahir (NICU) dan pelayanan obstetri dan kandungan berada di lantai dua. Lantai tiga tempat perawatan intencive (ROI = Ruang  Observasi  Intensive) dan ruang High Care Unit. Perkantoran berada di lantai empat, dan lantai paling atas tempat kamar operasi berada.

Pengunjung IGD perhari (Data Kunjungan IGD tahun 2018) berkisar antara 150 hingga 200 orang perhari, diantaranya 30 hingga 35 pasien dirawat inap. Pasien yang dilakukan operasi perhari antara 15  hingga 20 operasi.

Instalasi Gawat Darurat sebagai pusat rujukan dari rumah sakit sekitar Surabaya dan Jawa Timur, menerima rujukan dan konsultasi rata-rata sebanyak 13 hingga 24 pasien perhari .

Sebagai pusat rujukan IGD RSUD Dr. Soetomo tidak diperbolehkan menolak pasien, sehingga IGD harus siap setiap hari.