Tahun 2008 pemerintah menetapkan Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Undang-undang ini disahkan untuk mewadahi hak masyarakat dalam memperoleh informasi. Dengan harapan dapat mewujudkan pemerintahan yang transparan, efektif, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk menunjang pelaksanaan Undang-undang tersebut pemerintah membuat kebijakan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di seluruh instansi pemerintahan. Tak terkecuali di RSUD Dr. Soetomo.

Pembentukan PPID di RSUD Dr. Soetomo diharapkan mampu untuk selalu menjadi jembatan bagi masyarakat akan hak memperoleh informasi publik serta mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan Badan Publik dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik.

SK PEMBENTUKAN PPID RSUD DR. SOETOMO

Nomor SK Tautan
No. 188.4/6897/301/2013 Unduh di sini
No. 188.4/12713/301/2017
Unduh di sini

 

STRUKTUR ORGANISASI PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

RSUD Dr. SOETOMO

URAIAN TUGAS PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

RSUD Dr. SOETOMO

I.  ATASAN PPID :

  1. Memutuskan dan mengevaluasi kebijakan pelayanan informasi Publik dilingkungan RSUD Dr. Soetomo;
  2. Menyelesaikan masalah yang muncul terkait manajemen pengelolaan dan pelayanan informasi publik RSUD Dr. Soetomo;
  3. Mengevaluasi kinerja struktur dan para penanggung jawab pelayanan Informasi Publik RSUD Dr. Soetomo;
  4. Memastikan manajemen pengelolaan dan pelayanan Informasi Publik dilingkungan RSUD Dr. Soetomo  telah sesuai dengan peraturan perundangan.

II. KETUA PPID :

Tugas Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUD Dr. Soetomo adalah merencanakan, mengorganisasikan, melaksananakan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi dilingkungan RSUD Dr. Soetomo.

III. SEKRETARIS :

Tugas Sekretaris yaitu merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, mengkonsolidasikan dan mengendalikan pengumpulan informasi, pendokumentasikan informasi, dan pelayanan informasi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUD Dr. Soetomo.

IV. BIDANG PELAYANAN DAN DOKUMENTASI INFORMASI:

Tugas Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi yaitu menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan/atau memberikan pelayanan informasi kepada publik.

V. BIDANG PENGOLAHAN DATA DAN KLASIFIKASI INFORMASI :

Tugas Bidang Pengolahan data dan Klasifikasi Informasi yaitu mengolah dan memberikan pelayanan konsultasi klasifikasi informasi dan dokumentasi.

V. BIDANG PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI

Tugas Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi yaitu melaksanakan advokasi penyelesaian sengketa informasi publik.