Dalam upaya peningkatan pelayanan, pendidikan dan riset Pusat Pelayanan Jantung Terpadu (PPJT) RSUD Dr. Soetomo, pada tanggal 13 Juni 2021 Direktur Utama RSUD Dr. Soetomo – Dr. Joni Wahyuhadi, dr., SpBS (K) didampingi Direksi dan Kepala Instalasi PPJT – dr. Budi Baktijasa, SpJP (K) serta Ketua Kelompok Staf Medik (KSM) Kardiologi – Dr. Yudi Her Oktaviono, dr., SpJP (K) melakukan virtual meeting dengan Utah University Hospital USA. Utah University Hospital USA diwakili oleh Dr. Anwar Tandar, seorang associate professor ahli jantung (diaspora) selaku Kepala Divisi Intervensi Penyakit Jantung Struktural.

Utah University Hospital USA memiliki Cardiovascular Center yang merupakan rujukan di Amerika Serikat yang berlokasi di Salt Lake City. Mereka juga memiliki beberapa pusat unggulan di bidang kanker, kesehatan mata, pediatri, dan transplantasi ginjal. Hal ini sesuai dengan program RSUD Dr. Soetomo yang sedang dan akan mengembangkan pusat-pusat rujukan jantung, kanker, syaraf, ginjal, mata dan pediatri.

Pelayanan utama mereka di bidang kardiovaskular adalah manajemen gagal jantung, cardiovascular intensive care dan transplantasi jantung. Pengembangan pelayanan jantung di RSUD Dr. Soetomo program utamanya adalah manajemen gagal jantung dan sindroma coroner akut (chest pain). Oleh karenanya kerjasama sister hospital dengan Utah University Hospital USA adalah sesuatu yang sangat tepat.

Implementasi kerjasama ini, saat ini telah dilakukan berupa teleconference penanganan kasus-kasus sulit dalam forum morning report bersama. Dalam waktu 1 sampai 2 minggu akan dilakukan penandatanganan MoU dan dilanjutkan dengan kerjasama dalam bidang penyusunan SDM yang akan dilatih di Utah, yaitu 2 dokter ahli jantung, 1 ahli bedah jantung, 1 ahli anestesi, 3 perawat, 1 perawat ICU untuk dapat mengikuti kegiatan pelayanan, pendidikan dan riset di Utah University Hospital USA selama 3 sampai 6 bulan. Kemudian kerjasama jangka panjang dilanjutkan dengan program fellowship bagi tenaga dokter spesialis jantung di Utah University Hospital USA, dan pelatihan tenaga keperawatan.

Pengembangan program ini juga akan dilanjutkan untuk transplantasi jantung, kanker, ginjal, mata dan pediatri.

Direktur Utama RSUD Dr. Soetomo, Dr. Joni Wahyuhadi, dr., SpBS (K) menyampaikan bahwa: “Sistem sister hospital adalah sarana yang lazim digunakan oleh negara berkembang untuk memajukan kualitas pelayanan, pendidikan dan riset di rumah sakit. Pelayanan kardiovaskular di RSUD Dr. Soetomo direncanakan menjadi pusat unggulan pelayanan yang advanced melalui program sister hospital ini. Program ini merupakan implementasi dari program prioritas RSUD Dr. Soetomo yaitu Back to Our Home”.