Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Ruang Isolasi Khusus (RIK) 7 RSUD Dr. Soetomo, Jum’at (20/8). Ruang Isolasi ini terdiri dari Ruang Intensive Care Unit (ICU) dengan kapasitas 29 tempat tidur dan Ruang High Care Unit (HCU) sebanyak 200 tempat tidur. Dengan penambahan ini, maka total kapasitas tempat tidur untuk layanan covid-19 di RSUD Dr. Soetomo sebanyak 745 tempat tidur.

Khofifah menyampaikan bahwa Bed Occupancy Rate (BOR) ICU, Isolasi, Rumah Sakit Darurat, Rumah Observasi sesungguhnya sudah menurun. Namun harus tetap ada kesiapsiagaan bersama. Kita berangkat dari pengalaman kemarin, ketika terjadi lonjakan kasus secara eksponensial, pasien di RSUD Dr. Soetomo ada yang sampai ke selasar. “Kita tentu tidak ingin covid-19 ini melonjak lagi. Kita akan berusaha mengendalikan semaksimal mungkin penyebaran covid-19 terus menurun melandai menurun melandai,” ujarnya.

Kesiapsiagaan ini dilakukan dalam bentuk penambahan ruang perawatan covid-19 baik untuk pasien HCU maupun ICU di rumah sakit milik Pemprov Jatim ini, “ICU yang ditambahan per hari ini ada 29 tempat tidur,” imbuhnya.

Dr. Joni Wahyuhadi, dr., Sp.BS (K) selaku Dirut RSUD Dr. Soetomo menambahkan bahwa Insya Allah untuk ICU dapat langsung digunakan besok. Untuk pasien yang ada di IGD dan RIK 1 akan dipindahkan ke RIK 7 karena RIK 1 akan dilakukan pembersihan secara menyeluruh. “RIK 1 kan sudah 1,5 tahun digunakan dan belum melakukan istrahat, jadi sekaligus dilakukan pembersihan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Khofifah juga meresmikan 3 (tiga) layanan RSUD Dr. Soetomo lainnya yaitu Ruang Isolasi Khusus Wijaya Kusuma, Optimalisasi Pelayanan PPJT, dan Obgyn Clinic Graha Amerta. “Ini menujukkan bahwa Insya Allah Kita Tangguh dan Kita Tumbuh di tengah kesulitan pada saat pandemi covid-19,” ungkap Khofifah.

Selain itu, Gubernur didampingi oleh Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dan Direktur Utama RSUD Dr. Soetomo juga memberikan penghargaan kepada para donatur yang telah memberikan kontribusi dalam penanganan covid-19 di Jawa Timur yang diperuntukkan untuk pelayanan darurat di RSUD Dr. Soetomo.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Your email address will not be published. Required fields are marked *